Kawasaki Memperkenalkan Motor 250 CC 4 Silinder Kawasaki Ninja ZX-25R Di Tokyo Motor Show 2019

Java Motorland - Hello Bikers, pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang kemungkinan kelahiran motor sport 250 cc 4 silinder segaris (Inline) Kawasaki Ninja ZX-25R, akhirnya di ajang pameran otomotif dunia Tokyo Motor Show 2019 teka-teki wujud dan desain Kawasaki Ninja ZX-25R akhirnya terjawab sudah. Pada bulan Oktober 2019 di Tokyo Motor Show 2019 Kawasaki resmi memperkenalkan Kawasaki Ninja ZX-25R dengan mesin injeksi Double Overhead Camshaft (DOHC) 16 valve pendingin air (Radiator) kapasitas 250 cc 4 silinder segaris 6 percepatan.


Pada perkenalan Kawasaki Ninja ZX-25R belum terdapat spesifikasi detail dari Kawasaki Ninja ZX-25R, mungkin jika kita tebak tenaga bisa mencapai antara 45 HP sampai dengan 50 HP. Jika kita lihat pada speedometer indikator RPM bisa mencapai 20.000 RPM dan red line RPM pada 17.000 RPM, tentunya RPM engine ini tertinggi dikelasnya bahkan lebih besar dari Honda CBR600RR dan Honda CBR1000RR. Dengan lengkingan RPM yang mencapai 20.000 RPM tentunya desain engine dari Kawasaki Ninja ZX-25R menganut engine overbore, dimana diameter piston lebih besar dari langkah piston dan memungkinkan mendapatkan tenaga besar pada RPM tinggi. Namun hal tersebut akan menimbulkan kelemahan yaitu torsi pada putaran bawah akan berkurang, tapi sepertinya pihak Kawasaki telah mengantisipasi dengan memainkan desain dari saluran pembuangan dan muffler underbelly. Dengan spesifikasi mesin Kawasaki Ninja ZX-25R tersebut dan firing order atau skema pengapian screamer maka akan didapatkan suara lengkingan knalpot yang sangat istimewa khas mesin 4 silinder segaris.





Untuk mengatasi torsi drop pada putaran rendah, pihak Kawasaki selain memainkan desain saluran pembuangan dan muffler juga memainkan pada rasio final gear, jika kita lihat ukuran gear belakan sangat besar jika dibandingkan dengan motor sport 250 cc lainnya. Dengan teknologi injeksi dan sistem pengapian saat ini, tentunya Kawasaki akan lebih leluasa memainkan setting ECU Kawasaki Ninja ZX-25R ini untuk mendapatkan power engine yang lebih linier dan torsi yang lebih besar diputaran bawah untuk menutupi kelemahan mesin 250 cc 4 silinder segaris (Inline).






Pada sektor sasis atau rangka Kawasaki Ninja ZX-25R menggunakan desain teralis mengunakan material pipa baja tubular dengan model twin spar mirip dengan sasis atau rangka Honda CBR250RR 2 silinder segaris. Jenis rangka teralis dengan material pipa baja tubular sudah terbukti diajang balap internasional Asia Road Racing Championship (ARRC) melalui Honda CBR250RR yang telah mendominasi kemenangan pada musim balap tahun 2017, 2018 dan 2019. Swing arm Kawasaki Ninja ZX-25R juga telah menggunakan swing arm jenis asimetris atau biasa disebut swing arm banana dan sepertinya dilengkapi link pada suspensi. Swing arm Kawasaki Ninja ZX-25R menggunakan material alumunium alloy untuk mendapatkan bobot yang ringan pada sektor sasis atau rangka.



Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi dengan suspensi atau shockbreaker depan jenis telescopic inverted atau biasa disebut suspensi upside down. Suspensi depan Kawasaki Ninja ZX-25R menggunakan brand dari Showa dengan tipe Separated Function Fork Big Piston (SFF-BP) dimana kedua batang tabung suspensi mempunyai fungsi yang berbeda yaitu satu tabung berfungsi sebagai setting rebound dan compression, sedangkan batang tabung suspensi lainnya digunakan untuk setting preload suspensi. Sedangkan pada suspensi belakang menggunakan suspensi monoshock sepertinya menggunakan link dengan posisi pemasangan agak mendekati garis horizontal.



Pada roda depan dan belakang Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali dengan velg palang lima sama seperti Kawasaki Ninja 250 2 silinder, namun ukurannya lebih lebar. Pada kedua velg tersebut dipasang ban yang sangat lebar yaitu ukuran 120/60-17 pada roda depan dan ukuran 150/70-17 pada roda belakang. Pemasangan ban dengan ukuran tersebut pada Kawasaki Ninja ZX-25R tentunya untuk mengimbangi tenaga besar yang dihasilkan oleh mesin 250 cc 4 silinder segaris dari Kawasaki Ninja ZX-25R.




Dengan tenaga mesin 250 cc 4 silinder Kawasaki Ninja ZX-25R yang besar, tentunya dibutuhkan sistem pengereman yang handal untuk menghentikan laju kecepatan Kawasaki Ninja ZX-25R. Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali dengan braking system dengan sistem kaliper double piston radial mount pada bagian depan dan kaliper single piston pada bagian belakang. Selain itu Kawasaki Ninja ZX-25R dilengkapi piringan cakram tunggal yang sangat lebar pada sistem pengereman bagian depan. Braking system Kawasaki Ninja ZX-25R juga sudah dilengkapi dengan Antilock Brake System (ABS) dual channel untuk kontrol roda depan dan belakang agar tidang mengunci jika dilakukan pengereman mendadak.



Sistem kontrol pada Kawasaki Ninja ZX-25R juga sangat canggih, dengan mesin injeksi kapasitas 250 cc 4 silinder segaris Kawasaki Ninja ZX-25R dengan mudah menambahkan segudang fitur canggih seperti throttle by wire, Kawasaki Traction Control System untuk menjaga traksi ban terhadap permukaan aspal agar tidak terjadi selip ban, Kawasaki Quick Shifter untuk shifting gear atau menaikkan gigi presneling tanpa menarik tuas kopling dan Kawasaki Riding Mode untuk kenyamanan dan keamanan berkendara sesuai dengan kondisi jalan.


Desain body Kawasaki Ninja ZX-25R juga sangat istimewa dan memperhitungkan aerodinamika seperti pada bagian depan terdapat Air Ram yang mengarah ke air box untuk membantu menginduksi jalur inlet mesin agar mendapatkan kerapatan udara yang tinggi sehingga mesin dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar. pada bagian depan samping kiri, kanan dan belakang terdapat lubang udara yang membantu sistem pendinginan mesin. Desain body Kawasaki Ninja ZX-25R mengikuti corporate design dari Kawasaki sehingga terdapat kemiripan desain body dengan produk Kawasaki lainnya, terutama dengan desain big bike Kawasaki seperti lampu depan dan belakang yang mirip dengan Kawasaki Ninja ZX-10R model year 2019 dan Kawasaki Ninja ZX-6R model year 2019.






Kawasaki Ninja ZX-25R rencana akan dipasarkan dengan 2 tipe, yaitu tipe standar tanpa dilengkapi dengan ABS, traction control dan quick shifter dan tipe yang lebih advance yang sudah dilengkapi dengan ABS, traction control dan quick shifter. Sedangkan untuk harga sendiri pihak Kawasaki belum mempublikasikan. Berdasarkan bocoran dari blogger Indonesia, Kawasaki Ninja ZX-25R diperkirakan akan dibandrol dengan harga antara 90 Juta sampai dengan 115 Juta. tentunya akan lebih menarik lagi jika Kawasaki memberikan harga yang lebih rendah, misal antara 70 Jutaan sampai dengan 90 Jutaan.








Dari informasi berbagai sumber, Kawasaki Ninja ZX-25R kemungkinan akan diluncurkan dipasar Indonesia pada bulan April 2020 bertepatan dengan Kawasaki Bike Week 2020. Kita tunggu saja peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia, salam satu aspal.

* Sumber foto: Kojintekibikematome, Kawasaki Indonesia, IWB, TMCBlog

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Java Motorland YouTube Channel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Java Motorland YouTube Channel