Astra Honda Motor Meluncurkan Scooter Matic Honda Genio

Java Motorland - Hello Bikers, Astra Honda Motor pada tanggal 21 Juni 2019 memperkenalkan produk motor matic baru mereka yaitu Honda Genio. Honda Genio ditujukan untuk mengisi segmen baru matic kelas 110 cc yang sudah ada saat ini, sehingga konsumen semakin banyak pilihan model, teknologi dan harga.


Honda Genio mengusung desain kasual yang ringkas yang cocok untuk generasi muda. Honda Genio dilengkapi dengan mesin generasi terbaru eSP 110cc yang meningkatkan efisiensi bahan bakar, sekaligus menghasilkan kinerja optimal. Honda Genio mengusung mesin baru kapasitas 110 cc, SOHC eSP terbaru dengan sistem bahan bakar injeksi PGM-FI, tenaga maksimum mencapai 6,6 KW pada putaran 7.500 RPM dan torsi maksimum pada 9,3 NM pada putaran 5.500 RPM. Ini memungkinkan Honda Genio menjadi lebih responsif dalam akselerasi. Honda Genio baru ini dapat berakslerasi dari 0-200 m hanya dalam waktu 12,4 detik dan kecepatan maksimum dalam 94 km / jam. Mesin Honda Genio eSP 110 cc berbeda dengan Honda Beat dan Honda Scopy, mesin Honda Genio eSP 110 cc mempunyai stroke yang lebih panjang dan diameter piston yang lebih kecil dengan kompresi 10:1, sehingga menghasilkan torsi lebih rendah pada putaran bawah dan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Beat dan Honda Scopy.
Teknologi baru membuat mesin Honda Genio eSP lebih irit bahan bakar. Berdasarkan uji internal Astra Honda Motor menggunakan metode ECE R40, konsumsi bahan bakar model ini adalah 59,1 km / liter (fitur ISS aktif) sehingga isi bahan bakar dapat menempuh jarak mencapai 248 KM. Mesin generasi baru ini juga sudah ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

Honda Genio didukung oleh frame baru eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame), teknologi frame baru dari Honda yang digunakan untuk pertama kalinya di Indonesia, yang menjadikan Honda Genio lebih ringan, lebih gesit dan lebih nyaman untuk dikendarai. Frame eSAF Honda merupakan pengembangan dari Honda dengan memanfaatkan plat besi yang di-press kemudian disatukan dengan pengelasan tekan dan laser menggunakan robot layaknya sasis monokok pada mobil penumpang saat ini, sehingga menghasilkan frame dengan bobot lebih ringan, kuat dan dapat menekan biaya produksi. Struktur frame baru dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas, sehingga sepeda motor menjadi mudah dikendarai, ringan, dan nyaman untuk bermanuver. Rangka baru ini bahkan dapat memberikan ruang yang lebih efisien yang dibuktikan dengan adanya bagasi 14 Liter dan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 4,2 Liter.

Honda Genio terlihat lebih modis, sederhana dan kasual. Dimensi yang ringkas sangat ideal untuk pengendara di lalu lintas yang padat dan macet. Ketinggian jok 740 mm mendukung fleksibilitas pengendara, disertai dengan dek bawah besar untuk menunjang kenyamanan.

Head lamp Honda Genio menggunakan sudah teknologi LED, lampu belakang yang stylish dan lampu sein jenis bolam terpisah dari penutup bodi untuk memberikan kesan modern dan pencahayaan yang optimal. Honda Genio juga sudah dibekali dengan speedometer digital menunjukkan berbagai informasi seperti kecepatan, odometer, bahan bakar, dan eco indikator sebagai panduan berkendara yang efisien.


Honda Genio dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung, disesuaikan dengan kebutuhan pengendara seperti bagasi berukuran 14 liter untuk menyimpan kebutuhan berkendara sehari-hari. power outlet 12 Volt terletak didalam bagasi untuk mengisi ulang gadget. Selain itu Honda genio juga sudah dibekali denagn Secure key shutter dengan switch pembuka kursi menyatu dengan kunci kontak, parking brake lock, sistem rem combi brake, untuk keamanan pengendara.


Fitur lain yang ada pada Honda Genio adalah ACG starter yang menghasilkan suara senyap saat menghidupkan motor. Fitur ini bekerja sama dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati secara otomatis saat dalam keadaan idle, dan akan segera hidup kembali saat pengendara menarik gas.

Berikut adalah spesifikasi dari Honda Genio :

Mesin
Tipe Mesin : 4 – Langkah, SOHC, eSP
Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah : 47,0 x 63,1 mm
Tipe Tranmisi : Automatic, V-Matic
Rasio Kompresi : 10,0 : 1
Daya Maksimum : 6,6 kW ( 9,0 PS ) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum : 9,3 Nm ( 0,95 kgf.m ) / 5.500 rpm
Tipe Starter : Elektrik dan Kick Starter
Tipe Kopling : Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

Rangka
Tipe Rangka : Underbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
Tipe Suspensi Depan : Telescopic
Tipe Suspensi Belakang : Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan : 80/90 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang : 90/90 – 14 M/C Tubeless
Rem Depan : Cakram Hidrolik Piston Tunggal
Rem Belakang : Tromol
Sistem Pengereman : Combi Brake System

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi : 1869 x 692 x 1061 mm
Tinggi Tempat Duduk : 740 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.256 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 147 mm
Curb Weight : 89 kg ( Tipe CBS ) , 90 kg ( Tipe CBS – ISS )

Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 4,2 L
Kapasitas Minyak Pelumas : 0,65 L ( Penggantian Periodik )

Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki : MF 12 V – 3Ah ( Tipe CBS ) , MF 12 V – 5 Ah ( Tipe CBS – ISS )
Sistem Pengapian : Full Transisterized
Tipe Busi : NGK MR9C-9N










Honda Genio dipasarkan dalam dua jenis. CBS dan CBS-ISS dengan 11 varian warna. Tipe CBS yang dipasarkan dengan harga Rp 17,2 juta, tersedia dalam 5 warna yaitu Smart White Blue, Smart Red, Smart Black, Smart Black Red, dan Smart Silver. Sementara itu tipe CBS-ISS yang dipasarkan seharga Rp 17,7 juta, memiliki 6 pilihan warna yaitu Trendy Black Red, Trendy White Blue, Trendy White Red, Trendy White, Trendy Black, dan Fabulous Matte Black sebagai varian spesial. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi para Biker, salam satu aspal.