Astra Honda Motor Meluncurkan Honda ADV150

Java Motorland - Hello Bikers, pada tanggal 18 Juli 2019 tepatnya diajang pameran otomotif terbesar di Indonesia yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 atau lebih dikenal dengan GIIAS 2019, Pihak Astra Honda Motor Indonesia memperkenalkan produk terbaru mereka disegmen motor matic, terutama motor matic advanture yaitu Honda ADV150.


Desain dari Honda ADV150 bertema motor matic adventure dengan mengacu pada desain dari Honda X-ADV750 yang telah diluncurkan sebelumnya. Pada desain body depan terdapat wind shield yang bisa disetting ketinggiannya secara manual dengan dua level ketinggian. Jika kita perhatikan desain moncong mirip dengan Honda X-ADV 750 dan Honda Africa Twin, sedangkan bentuk lampu depan yang sudah menggunakan lampu LED sekilas mirip dengan Honda CBR650, Honda X-ADV 750 dan Honda Africa Twin. Untuk lampu sein depan belakang mengadopsi desain lampu sein LED dari produk Honda lainnya seperti, CB150R, CBR150, Honda Vario dan motor Honda Big Bike lainnya, Honda ADV150 juga sudah dilengkapi dengan lampu hazard.


Body Honda ADV150 terlihat sangat kekar dengan lampu belakang membentuk huruf X jika dinyalakan. Tangki bensin Honda ADV150 diletakkan pada bagian tengah bawah sehingga akan menunjang kestabilan saat berkendara serta kalau kita mengisi bensin tidak perlu membuka jok. Kunci kontak Honda ADV150 juga sudah dilengkapi dengan Smart Key System.


Ergonomi Honda ADV150 pasti sangat nyaman jika dilihat dari posisi setang yang agak tinggi dan dekat dengan pengemudi, ditunjang dengan dua posisi dek pijakan yang memungkinkan kita mengemudi dengan posisi kaki standard dan selonjoran saat touring jauh untuk menghindari capek. Pada setang Honda ADV150 sudah menganut setang fat bar yang memperkuat tampilan motor adventure.



Bagian jok Honda ADV150 juga memperkuat motor advanture dengan tiga paduan warna, ditambah lagi dengan tampilan speedometer full digital dengan bentuk kotak seperti yang biasa digunakan pada motor adventure seperti motor adventure balap paris dakkar.


Honda ADV150 juga dilengkapi kotak konsol kecil dibagian tebeng sebelah kiri untuk menyimpan barang, didalam konsol tersebut terdapat DC outlet dengan tegangan 12 Volt dengan arus 1 Ampere untuk charger hand phone atau gadget lainnya, selain itu Honda ADV150 juga dibekali bagasi yang besar dengan kapasitas 28 Liter.





Pada sektor kaki, Honda ADV150 dibekali dengan suspensi depan dan suspensi belakang yang mempunyai travel yang tinggi sehingga nyaman saat digunakan untuk menjelajah jalan off road ringan. Suspensi belakang Honda ADV150 sudah dilengkapi dengan suspensi Showa dengan tambahan sub tank yang menunjang performa dari suspensi dan membuat tampilan lebih mantap. Ban depan Honda ADV150 mempunyai ukuran Rim 14 Inchi sedangkan dibagian belakang menggunakan ukuran 13 Inch dan menggunakan ban tipe dual purpose, perbedaan ukuran tersebut merupakan ciri khas dari motor adventure. yang sudah dilengkapi dengan fitur pengereman Antilock Braking System (ABS) dan Idling Stop System (ISS) juga sudah dilengkapi dengan pengereman cakram atau disk brake pada roda depan dan belakang dan Antilock Braking System (ABS) single channel untuk rem depan.





Honda ADV150 diluncurkan dengan 2 jenis yaitu Honda ADV150 ABS-ISS yang sudah dilengkapi dengan fitur pengereman Antilock Braking System (ABS) dan Idling Stop System (ISS), tipe satunya lagi adalah Honda ADV150 CBS-ISS yang sudah dilengkapi dengan fitur pengereman Combi Brake System (CBS) dan Idling Stop System (ISS).


Honda ADV150 terdapat 2 pilihan warna untuk tipe Honda ADV150 ABS-ISS dan 4 warna untuk tipe Honda ADV150 CBS-ISS. Honda ADV150 dijual dengan harga mulai Rp. 33,5 Juta untuk tipe Honda ADV150 CBS-ISS dan Rp. 36,5 Juta untuk tipe Honda ADV150 ABS-ISS on the road (OTR) Jakarta.




Berikut adalah spesifikasi Honda ADV150 :

Mesin
Tipe Mesin : 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Diameter X Langkah : 57,3 x 57,9 mm
Tipe Tranmisi : Otomatis, V-Matic
Rasio Kompresi : 10,6 : 1
Daya Maksimum : 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
Tipe Starter : Elektrik
Tipe Kopling : Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

Rangka dan Kaki - Kaki
Tipe Rangka : Double Cradle
Tipe Suspensi Depan : Telescopic
Tipe Suspensi Belakang : Twin Subtank Rear Suspension
Ukuran Ban Depan : 110/80 – 14 M/C Tubeless
Ukuran Ban Belakang : 130/70 – 13 M/C Tubeless
Rem Depan : Hydraulic Disc
Rem Belakang : Hydraulic Disc
Sistem Pengereman : Triple Pot Hydraulic, CBS ( untuk tipe CBS ), Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS)

Dimensi dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi : 1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk : 795 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.324 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 165 mm
Curb Weight : 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe CBS – ISS )

Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 8 L
Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 L ( Penggantian Periodik )

Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki : MF 12 V – 5 Ah
Sistem Pengapian : Full Transisterized
Tipe Busi : NGK MR8K-9

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi para Biker, yang jelas celengan ambrooollllll.... Bro, salam satu aspal.