Java Motorland Facebook Group

Evolusi Disc Brake Brembo Dibalap Motor MotoGP

Java Motorland - Hello Bikers, selama ini kita tahu bahwa Brembo merupakan supplier perangkat pengereman dikejuaraan balap motor MotoGP, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Evolusi Disc Brake Brembo dikejuaraan balap motor MotoGP. Sejak debutnya di dunia balap motor MotoGP pada awal tahun 70-an hingga saat ini, Brembo telah menggunakan empat jenis bahan yang berbeda untuk membuat disc brake atau cakram rem.


Disc brake Brembo MotoGP tahun 1980
Pada tahun 1980 Brembo menggunakan disc brake atau cakram rem dari bahan material aluminium berlapis plasma untuk mengurangi bobot pada kelas 125 cc dan 250 cc. Meskipun mempunyai keunggulan bobot yang ringan, disc brake atau cakram rem jenis ini mempunyai kelemahan tidak bisa menahan temperatur yang sangat tinggi saat terjadi gesekan pengereman dan umur pakai yang pendek.

Disc brake Brembo MotoGP tahun 1985
Pada tahun 1985 Brembo mengembangkan disc brake atau cakram rem dengan menggunakan sistem floating, dimana pada bagian tengah menggunakan bahan material alumunium sedangkan pada bagian pinggir yang bergesekan dengan kampas rem menggunakan bahan material besi cor, kedua bagian ini disatukan dengan sistem keling dan tidak berhubungan satu sama lain. Teknologi ini merupakan penyempurnaan dari disc brake atau cakram rem dengan bahan alumunium, terutama ketahanan terhadap temperatur tinggi dan umur pakai yang lebih panjang meskipun bobot lebih besar.

Disc brake Brembo MotoGP tahun 1990
Pada tahun 1990 Brembo kembali menyempurnakan perangkat rem dengan mengembangkan disc brake atau cakram rem dengan menggunakan sistem floating, dimana pada bagian tengah dan bagian pinggir yang bergesekan dengan kampas rem menggunakan bahan material stainless steel, kedua bagian ini disatukan dengan sistem keling dan tidak berhubungan satu sama lain. Teknologi ini mempunyai keunggulan ketahanan terhadap temperatur tinggi dan umur pakai yang lebih panjang serta bobot yang lebih ringan.

Disc brake Brembo MotoGP tahun 2000
Pada tahun 2000 Brembo mulai menggunakan bahan carbon untuk membuat disc brake atau cakram rem. Teknologi masih sama menggunakan sistem floating, dimana pada bagian tengah menggunakan bahan stainless steel sedangkan pada bagian pinggir yang bergesekan dengan kampas rem menggunakan bahan material carbon. Teknologi ini mempunyai keunggulan ketahanan terhadap temperatur tinggi dan bobot yang sangat ringan, namun memiliki kelemahan umur pakai yang lebih pendek. Teknologi ini digunakan untuk kelas 500 cc dan MotoGP, tetapi juga pernah diterapkan dikelas 250 cc.

Disc brake Brembo MotoGP tahun 2014
Pada tahun 2014 Brembo mulai mengembangkan kembali disc brake atau cakram rem yang terbuat dari bahan material carbon. Teknologi masih sama menggunakan sistem floating, dimana pada bagian tengah menggunakan bahan stainless steel sedangkan pada bagian pinggir yang bergesekan dengan kampas rem menggunakan bahan material carbon, namun kali ini Brembo menambah luas permukaan yang bergesekan dengan kampas rem untuk menghasilkan performa pengereman yang lebih baik untuk menyesuaikan gaya balap masing-masing pembalap MotoGP seperti late braking dan mengantisipasi top speed motor MotoGP yang semakin tinggi bahkan bisa mencapai 350 KM/Jam. Teknologi ini mempunyai keunggulan ketahanan terhadap temperatur tinggi dan bobot yang sangat ringan, namun memiliki kelemahan umur pakai yang lebih pendek dan teknologi ini digunakan dikelas MotoGP sampai saat ini.

Semoga artikel Evolusi Disc Brake Brembo MotoGP dapat menambah pengetahuan Bikers, salam satu aspal.

Post a Comment

0 Comments