Rekomendasi Jual Beli Cryptocurrency Terbaik Rekomendasi Domain dan Web Hosting Terbaik

Cara Mendeteksi Fuel Dilution Dan Efek Yang Ditimbulkan

Java Motorland - Hello Bikers, apakah pernah mendengar istilah fuel dilution dalam dunia otomotif? Fuel dilution adalah kondisi dimana bahan bakar dari ruang bakar masuk ke dalam crankcase dan bercampur dengan oli mesin sehingga akan mengurangi performa oli mesin.


Fuel dilution dapat menurunkan performa oli mesin dan akan menyebabkan kerusakan lainnya diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Oli mesin akan menjadi cepat encer (viskositas turun), sehingga pelumasan pada komponen logam yang bergesekan kurang maksimal.
  2. Gesekan antar komponen logam meningkat, sehingga temperatur atau suhu mesin juga ikut naik.
  3. Berkurangnya tekanan oli karena oli mesin yang cepat encer.
  4. Oli mesin tidak mampu membersihkan mesin dengan baik, sehingga akan menimbulkan kerak dan lapisan kuning pada permukaan logam didalam mesin.
  5. Dapat menimbulkan asam yang tinggi sehingga dapat memicu korosi pada komponen logam didalam mesin.
  6. Interval pergantian oli jadi lebih cepat jika dibandingkan dengan kondisi normal.
Cara mengetahui apakah motor kita terkena fuel dilution bisa dilihat dari warna dan bau oli mesin, kita bisa meneteskan oli mesin pada selembar tisu dengan bantuan deep stick oli, amati warna oli mesin pada tisu apakah terdapat warna yang sama dengan bahan bakar yang digunakan, misal warna biru agak kehijauan jika menggunakan bahan bakar Pertalite, warna biru jika menggunakan bahan bakar Pertamax, warna merah jika menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo, jika terdapat warna yang sama dengan bahan bakar berarti motor mengalami fuel dilution.

Selanjutnya cium bau oli yang sudah diteteskan pada tisu apakah terdapat bau bahan bakar, jika terdapat bau bahan bakar berarti motor mengalami fuel dilution. Jika kedua tanda tersebut ada saat dilakukan check pada oli mesin, berarti bisa dipastikan positif motor mengalami fuel dilution.

Pada artikel selanjutnya kita akan bahas tentang penyebab fuel dilution, kebiasaan yang menyebabkan fuel dilution dan cara mencegah fuel dilution, salam satu aspal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Java Motorland YouTube Channel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Java Motorland YouTube Channel