Fungsi Oli Mesin Kendaraan Bermotor

Java Motorland – Hello Bikers, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang oli mesin, terutama fungsi dari oli mesin pada kendaran bermotor seperti sepeda motor. Oli mesin mempunyai peranan yang sangat vital saat mesin beroperasi dengan berbagai kondisi, termasuk kondisi yang sangat ekstrim sekalipun.


Untuk itu oli mesin dibuat agar bisa memenuhi fungsi – fungsi sebagai berikut:

Oli mesin sebagai pelumas
Didalam mesin sepeda motor terdapat komponen logam dan plastik yang bergerak dan saling bergesekan satu sama lain sehingga dibutuhkan oli mesin sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan atar komponen logam maupun plastik yang bergerak dengan cara pelumasan menggunakan oli mesin untuk menurunkan koefisien gesekan dipermukaan komponen yang saling bergesekan.

Oli mesin sebagai pelindung mesin
Oli mesin tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar komponen didalam mesin akan tetapi juga melindungi mesin dari karat atau korosi. Fungsi oli mesin adalah untuk mencegah reaksi oksidasi pada komponen logam didalam mesin dan menghilangkan reaksi kimia logam dengan panas saat terjadi pembakaran yang dapat menyebabkan karat atau korosi pada komponen logam didalam mesin.

Oli mesin sebagai pembersih mesin
Kotoran hasil pembakaran diruang bakar dapat masuk melalui sela-sela ring piston dan dan dinding silinder dan selanjutnya  terjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerak. Kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli mesin (oli mesin sebagai pelarut kotoran) dan bercampur dengan oli yang selanjutnya akan dibuang bersama oli mesin saat penggantian oli mesin.


Oli mesin sebagai pendingin mesin
Panas yang terjadi akibat pembakaran didalam ruang bakar akan merambat ke dalam mesin dan bagian mesin lainnya secara konduksi, selain itu panas akibat gesekan antar komponen logam didalam mesin juga menambah suhu atau temperratur didalam mesin menjadi naik. Oli mesin berperan sebagai pendingin akan mengalir pada permukaan komponen-komponen logam didalam mesin dan menyerap panas untuk selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli atau carter untuk selanjutnya panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri pada tempat penampungan oli. Oli mesin sangat berperan besar dalam menjaga komponen sepeda motor untuk menghasilkan performa mesin yang baik, panas mesin yang terlalu tinggi (over heat) akan merusak komponen-komponen logam didalam mesin yang secara kimia dapat merusak ikatan logam dan dapat menyebabkan pemuaian komponen logam didalam mesin.

Oli mesin sebagai perapat komponen mesin
Saat oli mesin bersirkulasi didalam mesin, oli akan membentuk lapisan film tipis. Lapisan ini akan merapatkan celah atau mengisi celah antara dua benda logam yang bergerak. Sebagai contoh, didalam mesin terdapat piston, ring piston dan silinder sebagai bagian penghasil tenaga atau daya di mesin, oli mesin pada bagian ini akan merapatkan celah keduanya, sehingga kompresi pada ruang bakar tidak bocor dan akan menghasilkan tenaga yang maksimal.

Semoga artikel yang membahas tentang oli mesin kali ini dapat menambah pengetahuan, salam satu aspal.