Mengenal Preload Compression Dan Rebound Shockbreaker

Java Motorland - Hello Bikers, kita semua pasti tahu apa itu shockbreaker dan sering mendengar istilah preload, compression dan rebound saat mekanik balap setting shockbreaker. Untuk itu mari kita pelajari maksud dan tujuan dari setting preload, compression dan rebound.

Preload
Preload adalah kondisi awal ketika jumlah tekanan yang diterima pegas sebelum menerima beban. Setting preload pada shockbreaker memiliki tujuan untuk mengubah tingkat kekerasan pada shockbreaker. Cara untuk setting preload yaitu dengan memutar mur settingan preload dengan kunci shockbreaker dan yang harus diperhatikan bahwa setting preload ini juga berpengaruh pada ke tinggian motor.

Compression
Compression adalah kecepatan shockbreaker untuk turun atau menekan saat shockbreaker menerima beban. Compression ini berfungsi untuk mengontrol kecepatan peredaman suspensi atau shockbreaker saat menahan atau menerima beban.


Fungsi dari setting compression hampir sama dengan setting rebound, namun setting compression mengatur tekanan yang datang, sedangkan rebound mengatur pantulan shockbreaker setelah menerima beban compression.

Rebound
Rebound adalah kondisi ketika suspensi kembali pada posisi awal atau pantulan setelah menerima tekanan. Setting rebound pada shockbreaker bertujuan untuk mengatur kecepatan pantulan shockbreaker untuk balik pada posisi semula. Setting rebound dengan pantulan balik yang terlalu cepat akan membuat motor mudah terayun, sedangkan untuk setting rebound dengan pantulan balik yang lambat membuat shockbreaker akan terasa lebih keras.
Setting preload, compresion dan rebound sendiri tergantung pada pengendara (termasuk berat pengendara dan berat motor) dan kondisi track atau jalan. Untuk itu jangan sampai salah setting shockbreaker agar aman dan nyaman saat berkendara, salam satu aspal.