Yamaha Motor Indonesia Meluncurkan Yamaha FreeGo 125

Java Motorland - Hello Bikers, kali ini kita akan membahas tentang produk baru dari Yamaha, dimana pada tanggal 31 Oktober 2018 tepatnya diacara Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 pihak Yamaha Motor Indonesia telah meluncurkan Yamaha FreeGo.
Yamaha FreeGo sendiri mempunyai kapasitas mesin injeksi 125 CC yang merupakan pengembangan dari mesin Yamaha blue core 125 CC sebelumnya karena sudah dilengkapi fitur baru, yaitu Smart Motor Generator (SMG), jadi pada mesin Yamaha FreeGo sudah tidak lagi menggunakan starter electric konvensional, akan tetapi sudah menggunakan motor generator sebagai starter electric sehingga suara saat start mesin jadi lebih halus.


Sedangkan disektor kaki, Yamaha FreeGo sekarang menggunakan velg ring 12 dengan ukuran ban depan 100/90 - 12M/C 59J dan ukuran ban belakang 110/90-12M/C 64L dengan ban tipe tubeless. untuk sektor pengereman depan mengandalkan rem cakram singgle disk brake dan rem belakang tromol (Drum brake).


Yamaha FreeGo sendiri mempunyai beberapa fitur unggulan diantarannya adalah bagasi yang luas dengan ukuran 25 liter, bagasi ini bisa menampung helm full face dan beberapa barang lainnya.


Selain itu juga Yamaha FreeGo juga dilengkapi dengan Electric Power Socket untuk charge handphone serta sudah dilengkapi dengan lampu hazard dan head lamp atau lampu depan LED, namun untuk lampu sein dan lampu belakang masih menggunakan lampu bolam biasa.


Untuk fitur keselamatan Yamaha juga menambahkan stand side switch, sehingga motor akan mati atau tidak bisa di start jika standar samping belum dilipat.


Untuk sektor speedometer, Yamaha FreeGo sudah dilengkapi dengan speedometer LCD lengkap dengan fitur dan terdapat juga eco indicator untuk panduan berkendara hemat bahan bakar.


Yamaha FreeGo juga dilengkapi jok yang luas dan panjang serta bagian dek bawah yang luas sehingga akan menambah kenyamanan berkendara.



Fitur menarik lainnya yang ada pada Yamaha FreeGO adalah tangki bahan bakar berukuran 4,2 liter yang diletakkan dibagian bawah dek dengan lubang pengisian bahan bakar ada pada sebelah kiri sayap, sehingga kita tidak perlu membuka jok dan turun dari motor saat melakukan pengisian bahan bakar.


Yamaha FreeGo sendiri terdapat 3 jenis pilihan tipe yaitu, Yamaha FreeGo standard, Yamaha FreeGo S dan Yamaha FreeGo S versi ABS. untuk tipe standard hanya dilengkapi kunci kontak biasa.

Sedangkan untuk tipe S dan S ABS sudah dilengkapi dengan keyless atau juga disebut juga smart key system dan start and stop system, jadi mesin motor akan mati sendiri saat berhenti beberapa detik dan untuk menyalakan tinggal menarik selongsong gas, fitur ini untuk menghemat pemakaian bahan bakar.


Untuk tipe S ABS fitur sama seperti tipe S dan ditambah dengan Anti Lock Brake System (ABS) single channel hanya untuk rem depan saja karena rem belakan masih teromol.


Untuk pilihan warna Yamaha FreeGo standard terdapat warna merah, hitam, biru dan putih. Sedangkan untuk tipe S dan S ABS terdapat warna matte grey dan matte red.

Berikut adalah Spesifikasi Yamaha FreeGo 125 :



Mesin
Tipe MesinAir Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan SilinderSingle Cylinder
Diameter x Langkah52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi9,5 : 1
Volume Silinder125 cc
Daya Maksimum7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem StarterElectric Starter
Sistem PelumasanWet Sump
Kapasitas Oli MesinTotal = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan BakarFuel Injection
Tipe KoplingSingle dry clutch
Tipe TransmisiFull Automatic



















Dimensi
P x L x T1905 x 690 x 1100 (mm)
Jarak Sumbu Roda1275 mm
Tinggi Tempat Duduk778 mm
Berat Isi102 Kg
Kapasitas Tangki Bensin4,2 L
Rangka
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTelescopic Fork
Suspensi BelakangUnit Swing
Ban Depan100/90 - 12M/C 59J - Tubeless
Ban Belakang110/90-12M/C 64L - Tubeless
Rem DepanSingle Disc Brake
Rem BelakangDrum Brake
Kelistrikan
Sistem PengapianTCI / Transistor
BatteryYTZ6V
Tipe BusiCR6HSA
Harga Yamaha FreeGo mulai 18,5 Juta On The Road (OTR) Jakarta untuk tipe standard, sedangkan untuk tipe tertinggi yaitu S ABS 22,5 Juta On The Road (OTR) Jakarta. Silahkan kunjung dealer Yamaha terdekat untuk mendapatkan Yamaha FreeGo. Celengan ambrol brooo...., salam satu aspal.