Rekomendasi Jual Beli Cryptocurrency Terbaik Rekomendasi Domain dan Web Hosting Terbaik

Cara Kerja Mesin Bensin 4 Tak (4 Stroke Engine)

Java Motorland - Hello Bikers, jumpa lagi di Java Motorland, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara kerja mesin bensin 4 stroke atau lebih dikenal dengan nama lain yaitu mesin 4 tak. Dimana pada mesin 4 tak untuk sekali pembakaran atau langkah kerja membutuhkan 4 tahapan siklus, yaitu siklus langkah isap, siklus langkah kompresi, siklus langkah kerja dan siklus langkah buang, sehingga total menghasilkan 2 putaran poros engkol (crank shaft) atau 720 derajat putaran. Untuk lebih bisa memahami keempat siklus tersebut kita bisa melihat pada gambar berikut:


Dari gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:

Langkah Isap (Intake)
langkah isap terjadi saat piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju ke Titik Mati Bawah (TMB), dimana pada saat tersebut klep masuk (intake valve) kondisi membuka dan aliran bahan bakar bercampur dengan udara akan masuk keruang bakar, sedangkan kondisi klep buang (exhaust valve) pada kondisi tertutup.

Langka Kompresi (Compression)
Pada langkah kompresi, piston bergerak dari Titik Mati Bawah (TMB) menuju Titik Mati Atas (TMA) dengan kondisi klep masuk (intake valve) dan klep buang (exhaust valve) untuk menekan campuran bahan bakar dan udara yang masuk keruang bakar.

Langkah Kerja (Combustion)
Pada akhir langkah kompresi sebelum beberapa derajat (5-15 derajat) piston mencapai Titik Mati Atas (TMA) busi (spark plug) akan menyala untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. pembakaran terbesar akan terjadi pada saat piston sudah melewati Titik Mati Atas (TMA) dan selanjutnya piston akan terdorong menuju Titik Mati Bawah (TMB) untuk menghasilkan tenaga yang kemudian akan disalurkan melalui poros engkol (crankshaft) menuju kopling, transmisi gear box.sampai ke roda dengan menggunakan rantai. Pada kondisi ini klep masuk (intake valve) dan klep buang (exhaust valve) posisi tertutup.

Langkah Buang (Exhaust)
Pada akhir langkah kerja piston akan bergerak dari Titik Mati Bawah (TMB) menuju Titik Mati Atas (TMA) untuk membuang sisa pembakaran campuran bahan bakar dengan udara dari ruang bakar. Pada kondisi ini klep masuk (intake valve) posisi tertutup dan klep buang (exhaust valve) posisi terbuka.

Keempat siklus tersebut akan terjadi secara berulang. Demikian cara kerja mesin bensin 4 tak, semoga dapat menambah pengetahuan Bikers tentang dunia otomotif, salam satu aspal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Java Motorland YouTube Channel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Java Motorland YouTube Channel