Astra Honda Motor Meluncurkan Honda CBR250RR-SP

Java Motorland - Pada tanggal 24 Juli 2020 Astra Honda Motor memperkenalkan Honda CBR250RR-SP  untuk mengisi segmen pasar motor sport 250 cc 2 silinder sekaligus untuk melawan Kawasaki Ninja ZX-25R, Kawasaki Ninja 250 FI dan Yamaha R25.


Honda CBR250RR-SP dibekali mesin injeksi DOHC kapasitas 149 cc, 6 speed, 2 silinder inline, 4 valve persilinder dengan pendingin air atau radiator yang sanggup mengeluarkan power sebesar 41 PS/13.000 RPM, power mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Honda CBR250RR versi standard yaitu 38,7 PS/12.500 RPM, sedangkan torsi naik menjadi 25 NM/11.000 RPM jika dibandingkan dengan versi standard yaitu 23,3 NM/11.000 RPM. Power yang dihasilkan pada putaran tinggi merupakan ciri khas mesin over bore.




Dengan power yang besar dan bobot 168 Kg (ABS) maka akan menghasilkan power to weight ratio yang sangat besar sehingga akan menghasilkan akselerasi yang baik, top speed bisa dicapai lebih cepat dan handling yang lebih baik. Selain itu Honda CBR250RR-SP juga dibekali dengan knalpot double muffler yang telah disempurnakan untuk menghasilkan tenaga maksimal, suara yang lebih senyap dan tampilan yang lebih sporty.


Untuk menghasilkan kenaikan power hambir 3 PS dan torsi kampir 2 NM Honda CBR250RR-SP dilakukan beberapa perubahan pada sektor mesin diantarannya bentuk piston yang lebih jenong sehingga kompresi naik dari 11,5:1 menjadi 12:1, untuk menyalurkan power yang lebih besar akibat kompresi yang padat Honda juga mendesain ulang connecting rod menjadi lebih kuat, pada alur ring piston informasinya juga dilakukan threatment dengan pelapisan timah untuk memperlancar gerakan piston pada silinder. Selain itu juga terdapat perubahan pada desain blok silinder dan per klep untuk mendukung putaran yang lebih tinggi.


Pada sektor kopling juga sudah dibekali dengan assist and slipper clutch sehingga handle kopling lebih ringan dan efek engine brake lebih minim saat melakukan down shift gearbox untuk menghindari roda belakang terkunci. Honda CBR250RR-SP juga sudah dibekali dengan quick shifter dan auto blipper untuk up shift dan down shift gearbox, sehingga kita tidak perlu lagi menarik handle kopling saat menaikan dan menurunkan gigi gearbox. Quick shifter Honda CBR250RR-SP bisa disetting menjadi 4 mode yaitu, up shift dan down shift, up shift, down shift dan off.


Honda CBR250RR-SP dibekali segudang teknologi yang tidak dimiliki kompetitornya dikelasnya, seperti throtlle by wire yang memungkinkan setting riding mode. Pada Honda CBR250RR-SP terdapat 3 pilihan riding mode, salah satunya adalah riding mode comfort. Pada mode comfort delivery power ke roda akan lebih soft dan cocok untuk berkendara santai dan kondisi jalan licin, karena saat gas di tarik tenaga tidak langsung tiba-tiba langsung tersalur langsung keroda.


Selain mode comfort juga terdapat riding mode sport dimana pada mode sport menghasilkan power delivery yang linier seiring dengan bukaan gas. Dan yang terakhir adalah riding mode sport + yang menghasilkan tenaga yang maksimal, agresif dan responsif saat gas ditarik delivery power langsung tersalur keroda dengan cepat.

Pada sektor kaki-kaki masih sama dengan Honda CBR250RR versi standard, Honda CBR250RR-SP sudah dilengkapi dengan shockbreaker depan upside down dan swing arm alumunium pada bagian belakang. Posisi setang juga menganut sistem under yoke yang merupakan ciri khas motor balap, sedangkan rangka menggunakan sistem teralis dengan material besi tubular.



Pada sektor lampu masih sama dengan Honda CBR250RR versi standard, Honda CBR250RR-SP sudah dilengkapi dengan lampu depan, belakang dan sein LED, sehingga cahaya lebih terang dan lebih hemat daya. sedangkan pada sektor body Honda CBR250RR-SP menganut serba lancip dan terkesan agresif serta aerodinamis. Untuk speedometer Honda CBR250RR-SP sudah dibekali dengan speedometer digital.

Berikut beberapa pilihan warna Honda CBR250RR-SP:




Berikut adalah spesifikasi Honda CBR250RR-SP:

Engine
Engine Type: 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder 
Engine Displacement: 249,7 cm3
Fuel Supply System: PGM-FI, Throttle Sytem: Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor
Bore X Stroke: 62,0 x 41,4 mm
Transmission: Manual, 6 Speed
Compression Ratio: 12 : 1
Maximum Power: 30 kW (41PS) / 13.000 rpm
Maximum Torque: 25 Nm (2,5 kgf.m) / 11.000 rpm
Starting System: Electric Starter
Clutch System: Multiplate Wet Clutch with Coil Spring
Cooling System: Liquid Cooled With Auto Electric Fan
Gear Shift Pattern: 1-N-2-3-4-5-6

Frame
Frame Type: Truss Frame
Front Suspension: Inverted Telescopic Front Suspension
Rear Suspension: Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
Front Tire Size: 110/70 – 17 54S (Tubeless)
Rear Tire Size: 140/70 – 17 66S (Tubeless)
Front Brake: Hydraulic Disc, Dual Piston (STD Type & ABS Type)
Rear Brake: Hydraulic Disc, Single Piston (STD Type & ABS Type)

Dimension
Length X Width X Height: 2.060 x 724 x 1.098 mm
Seat Height: 790 mm
Wheel Base: 1.389 mm
Ground Clearance: 145 mm
Curb Mass: 168 kg (ABS)
Turning Radius: 2.900 mm

Capacity
Fuel Tank Capacity: 14,5 liter
Oil Capacity: 1,9 L (Exchange), Lubricant Type Wet (Pressing and Spray)





Semoga artikel ini bisa menjadi referensi para Biker, salam satu Aspal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Java Motorland YouTube Channel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Java Motorland YouTube Channel